Jumat, 06 Oktober 2017

Baju Akad, beli atau sewa?

Hai Girls, para calon penganten, pernah ngga sih bertanya hal seperti judul post saya ini?

Awal merencanakan pernikahan, saya udah bertekad untuk urusan baju akad dan resepsi akan sewa saja, tetapi ditengah persiapan pernikahan kami, ayah mas J cerita kalo baju akad mereka 30 taun lalu masih ada sampai sekarang, walaupun memang tidak pernah dipakai lagi, tetapi masih tersimpan rapi, dan ayah mas J juga bilang, beberapa kali ke nikahan saudara atau sahabat dapet seragam juga kan bikin baru, jadi untuk nikah sendiri beliau menyarankan untuk jahit baju baru, beliau ngga memaksa, tetapi alasannya bener juga, walaupun setelahnya saya masih tetap memutuskan untuk menyewa saja.

Sewaktu saya dan keluarga ke Sanggar Liza untuk memilih beskap dan kain orangtua, saya sekalian mencoba dua baju akad putih di sana, tetapi mama saya dan mama mas J kurang sreg karena saat itu bajunya sobek di beberapa tempat dan payetnya copot-copot, saya sudah menjelaskan itu pasti akan beres saat hari H, bakal cantik lagi, tapi kayanya mama saya juga tetap nyaranin bikin kalo harga tidak begitu jauh.

Sejak itu,mulailah saya bergerilya mencari referensi penjahit, terimakasih Instagram, banyak sekali info yang saya dapet dari sana, namanya juga lagi cari-cari, ya sekalian aja tanya semua, walaupun saya tetap mencari sesuai budget pastinya, hehehe

Saya mau berbagi info ( racun ) pricelist mereka ya, kalo untuk liat kebaya-kebaya mereka bisa langsung cus akun Instagramnya

1. Vera Anggraini ( @verakebaya ) 
 Siapa CPW masa kini yang ngga tau mba Vera , saya sendiri tau mba Vera dari jaman masih mahasiswa, makin kesini makin hits aja mba satu ini, Raisa kemaren itu pake mba Vera pas akad nya  ( Raisa banget contohnya )
Saya iseng kirim Whatsapp ke CP yang ada di IG, walaupun agak lama, tetapi dibalas, ini PL nya
( saya tanya 18 Mei,2017)
Salam kenal...

Kebaya biasa/standar start from 10jt keatas  ( wisuda, kebaya pesta, kebaya pendek) belum termasuk bahan (kain/lace/brokat). Bahan boleh bawa sendiri. Klo lamaran biasa mulai 15jt di luar bahan...semua sudah dipayet/mote.
Kebaya akad/pemberkatan biasanya start from 30jt.
Kebaya resepsi start from 40jt keatas  Untuk kebaya pengantin sudah full mote/payet & swarovski.
Tetapi biasanya klien lebih suka bawa bahan sendiri, dengan motif yg disukai.
Atau bisa aku temenin belanja di toko bahan untuk padu padan motif, warna dan desain yg mungkin akan dicocokkan dgn tema/konsep wedding atau baju keluarga.
Di aku juga ada stok bahan yg bisa dipilih kalau ada yg cocok.
Tetapi tetep semua budget diatas itu cuma gambaran dasar, semua tergantung sama final desain, material tambahan dan panjang pendeknya kebaya.

Berapa lama proses pengerjaannya ? Relatif, tergantung banyak tidaknya project yang masuk. Karena saya sangat membatasi produksi. Artinya apabila dalam sebulan dirasa sudah full maka saya tidak mungkin bisa menerima tambahan project. Prinsipnya semakin lama rentang waktu yang tersedia semakin baik.

Saya tidak ada sewa menyewa kebaya, semua by order dan tidak ada ready stok. Kalau pun ada ready stok itupun sangat sedikit.

Prinsipnya saya terbuka untuk ngobrol baik tentang desain maupun tentang budget, flexible kok hehe...
Butik cuma buka kalau ada janji ketemuan atau fitting klien. Apabila ingin mampir ke butik, sebaiknya bikin janji dulu biar enak atur waktunya.

Untuk detailnya atau bikin janji ketemu saya dibutik bisa hubungi 085780222250 (Mas Ocki) atau 081318005733 (Mba Yana)

Thanks ❤❤๐Ÿ™๐Ÿ™
Vera Anggraini

Verakebaya
Jl. Panglima Polim V No.62
Kebayoran Baru - Jakarta Selatan



2. Asky Febrianti (@askyfebrianti )
Saya tau mba Asky ini karena sering banget di repost saya @thebridedet tapi emang karena bajunya cantik-cantik banget.
Untuk mba Asky, saya tanya PL via email (28 September 2017) dan ga lama langsung dibalas

Hi,

Untuk Lamaran, keluarga pengantin ataupun wisuda start di 6.000.000. (belum termasuk bahan) sampai berapanya tergantung detail, design dan bahan yang digunakan.

Untuk wedding gown ataupun kebaya start di 24.500.000 belum dengan bahan. Sampai berapanya tergangung dari design, detail yang di inginkan dan bahan yang di gunakan. biasanya in total range di 20.000.000-an sampai 60.000.000-an & untuk beskap range 9.000.000 sampai 18.000.000

Ini hanya untuk harga start saja ya dan dapat berubah sewaktu-waktu :)

Workshop kami di Jalan Cililin 1 no.2 Kebayoran baru jakarta selatan dekat santa atau senopati tapi harus janjian dulu.

Thankyou


Sincerely,

Asky Febrianti
(fashion Designer)
+628778877 1200
www.askyfebrianti.com


3. Anggi Asmara ( @anjiasmara )
  Saya tau mba Anggi ini udah lama banget, dulu sempet tanya buat kebaya wisuda berapa ( 2013) kebaya wisuda 4juta, sekarang sudah naik banget , dulu segitu ya belum sanggup (sekarang juga ngga sanggup karena harganya udah ga segitu) hahaha
 Pricelist mba Anggi saya dapat via whatsapp tanggal 7 Oktober 2017, dan cukup cepat dibalasnya

Halo๐Ÿ˜Š

Harga gaun/ kebaya (pendek sepaha/ diatas lutut)/ dengan payet seluruh tepian mulai dari 7.5jt belum termasuk bahan.
Harga kebaya pengantin pendek diatas lutut full payet 22jt belum termasuk bahan
Harga kebaya pengantin midi dibawah lutut/ sebetis full payet 25jt belum termasuk bahan
Harga kebaya pengantin panjang semata kaki full payet 30jt belum termasuk bahan
Harga kebaya pengantin panjang berekor/ menjuntai full payet 35jt belum termasuk bahan
Harga gaun pengantin tergantung desain mulai dari 35jt
Harga kebaya/ gaun double layer 50jt
Harga kebaya ibu pengantin mulai dari 10jt belum termasuk bahan.
Harga kebaya kakak/ adik pengantin 8jt belum termasuk bahan.
Harga veil/ tudung pengantin payet mulai dari 2,5jt.
Harga jahit rok/ bawahan polos 1,5jt
Harga beskap pengantin pria 9,5jt sudah termasuk bahan tapi bukan bahan tradisional seperti batik/tenun/songket dsb.

*Pembuatan kebaya/ gaun dengan desain dengan kerumitan atau penggunaan bahan tertentu serta pembuatan yg terburu-buru dapat mempengaruhi harga.*


Terimakasih๐Ÿ˜Š๐Ÿ™๐Ÿป
4. Myra Myura (@myramyura )
  Saya pribadi tau akun mba Myrna ini belum lama, karena liat seliweran di explore, pas diliat ternyata bagus, follow deh, eh bener bagus bagus, kepo deh PL nya.
Saya email mba myrna (5 Oktober 2017) sebelumnya sudah pernah, tetapi harganya beda, udah naik ternyata, jadi saya share yang terbaru ya untuk price list kebaya by Myrna Myura


5. Faustine Arthaputri ( @arthaputri.atelier )
  Pertama kali liat kebayanya Faustine ini saat muncul di @thebridedept , tetapi sayang pas saya cari-cari lagi foto-foto kebaya by Faustine ini baru dikit yang upload, foto yang di tag ke Faustine juga sepertinya dipilih foto mana saja yang bisa terlihat, jadi agak kurang referensinya, tetapi Akhir Juli kemarin ( 25 Juli 2017) saya tetap email dia menanyakan PL nya, ini dia jawabannya

Untuk kebaya akad berikut pricelist nya: 

Kebaya akad / pemberkatan
Start dari 7 - 8.5 jt (pendek)
Start dari 8.5 jt -10jt (se mata kaki)

Resepsi: kebaya /Wedding Dress (full length - menyapu lantai)
Start dari 11jt. 

Semua Starting price sudah termasuk: 
- design consultation
- bahan lace + bustier 
- jahit bawahan kain (tanpa bahan)
- payet & kristal
- 2-3 times fitting
- personal dresser on D day
- complimentary nail salon service for bride from @themiloff

*final price disesuaikan dengan final design yg diinginkan
*sewa perdana only for wedding reception.

Untuk respons yg lebih cepat bisa whatsapp ke nomor: 0818113956. Nanti bisa dilayani untuk ngobrol2 tanya lebih lanjut mba :)

Ditunggu kabar baiknya. Terimakasih 

Faustine Arthaputri
ARTHAPUTRI ATELIER
0818113956

6. Cikroskebaya  ( @cikrosskebaya )
 Nemu akun IG ini pas cari-cari referensi buat jahit kebaya mama dan adek, kebayanya ngga kalah cantik, harganya sangaaaaaat miring girls, jauh sekali dengan 5 diatas, saya tanya PL via WA 1 Oktober 2017 kemarin




Walaunpun ngga banyak, dan semua juga bisa dapet info itu secara mudah,  tapi semoga ada yang terbantu dari post iseng saya ini ya

Update 23/03/2018
Akhirnya waktu itu saya jadi bikin di Myrna Myura, kebaya warna broken White

Update 23/04/2018
sempet ada yang email menanyakan tentang kebaya akad saya disewakan atau tidak, waktu itu jadi kepikiran buat coba, tapi dari awal saya mau bilang , tidak bisa di kecilin atau dibesarkan ( jadi mungkin yang teratarik dan bisa sewa yang seukuran dengan saya), jika ada yang tertarik untuk sewa bisa email ke aristi0909@gmail 
beberapa foto kebaya bisa dilihat di sini


Love,

.A.

4 komentar:

  1. Terima kasih atas share infonya mba. Sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, sama-sama ya..semoga sedikit membantu

      Hapus
  2. hai mba,,kebayanya masih disewakan? hehe

    BalasHapus
  3. Terimakasih banyak buat infonya mba. Membantu sekali

    BalasHapus

Fitri Liza - Sanggar Liza ( REVIEW )

Coba ya aku tanya " siapa yang mikirin MUA dulu dibanding Gedung, Catering, Dekor, dll? " Tenang, kamu ngga sendiri, hahahaha ...